Panduan

Panduan ini adalah untuk instalasi baru dimana data negara belum berubah, jika Anda telah membuat kurir sendiri, kemungkinan data alamat pelanggan harus diupdate (karena akan menggunakan data kota/zona yang berbeda). Untuk pengguna Prestanesia JNE dan akan melakukan upgrade silahkan baca panduan upgrade.

1. Mendapatkan modul

Setelah melakukan pembelian dan mendapatkan api key, silahkan login ke halaman member untuk mendapatkan modul-modul yang tersedia.

Unduh modul

2. Unggah & Instalasi

PrestaShop 1.6.x

Login ke backoffice, masuk ke menu Module & services, kemudian klik pada tombol Add new module, pilih modul yang akan diunggah kemudian klik pada tombol "Upload this module".

Unduh modul

PrestaShop 1.7.x

Login ke backoffice, masuk ke menu Module & services, kemudian klik pada tombol Unggah modul.

Upload modul

Pilih modul yang akan diunggah dan PrestaShop akan segera mengunggah dan memasang modulnya.

3. Konfigurasi

Karena KURIRQ menghitung pengiriman berdasarkan berat, jangan lupa untuk mengisi berat (dalam Kg) pada produk.

PrestaShop 1.6.x

Untuk PrestaShop 1.6.x, masuk ke halaman "Modules & services", pada group "shipping & logistic" temukan modul KurirQ dan klik pada tombol configure.

Konfigurasi modul

PrestaShop 1.7.x

Pada PrestaShop 1.7.x, selesai mengunggah maka modul akan otomatis terpasang, selanjutnya untuk masuk ke halaman konfigurasi modul, klik pada tombol "Konfigurasi".

Konfigurasi modul

Atau masuk ke menu "Modules" - "Modules & services", pilih "Installed modules" dan temukan modul KurirQ dan klik pada tombol "Configure".

Konfigurasi modul

3.1 Setup API

Saat mengisi API key, pastikan website tidak dalam mode maintenance atau fitur geolocation aktif.
Setup API

Pada halaman konfigurasi modul, tersedia isian API Key. Isi dengan API yang telah kami kirimkan melalui email dan klik pada tombol "Aktifkan". Jika aktifasi sukses, maka pilihan kurir akan muncul.

3.2 Pilihan kurir

Untuk memilih kurir mana saja yang akan Anda gunakan, beri tanda centang pada pilihan kurir yang tersedia kemudian klik tombol "Save".

Pilihan kurir

3.3 Asuransi & Packing kayu

Untuk menggunakan fitur packing kayu, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur perhitungan volumetrik dari halaman konfigurasi modul dan dimensi produk (panjang, lebar dan tinggi) diisi di halaman masing-masing produk.
Hanya untuk pengguna modul.

4. 3-level pemilihan kota

Hanya untuk pengguna modul.

5. Upgrade dari PrestanesiaJNE

Bagi pengguna PrestanesiaJNE, Anda dapat melakukan upgrade gratis* ke modul KURIRQ. * kurir yang dapat digunakan hanya JNE dan TIKI saja.

Sebelum melakukan upgrade, ada baiknya database dibackup terlebih dahulu.

Berikut adalah tahapan yang diperlukan untuk migrasi data pelanggan dari Prestanesia JNE ke KURIRQ.

  1. Uninstall modul Prestanesia JNE REG/OKE/YES
  2. Uninstall modul Prestanesia Cek Resi
  3. Uninstall modul PrestaIndonesia
  4. Uninstall modul Prestanesia Minimum Range (jika ada)
  5. Restore perubahan pada file template atau javascript (jika ada)

Sampai dengan tahap ini, data kota dan template sudah kembali ke asal, selanjutnya install modul KURIRQ sesuai petunjuk diatas.

Setelah instalasi modul KURIRQ sukses, download modul Migrasi JNE dari halaman member dan install modul tersebut. Jika instalasi sukses maka data zona, state, ongkos kirim dari data prestanesia JNE akan dihapus.

Untuk memperbaharui data alamat pelanggan lama, masuk ke halaman konfigurasi modul Migrasi JNE, kemudian unduh file upgrade.sql dan import ke database yang digunakan melalui phpmyadmin.

Migrasi JNE

Sampai tahap diatas, data alamat pelanggan yang memakai zona PrestanesiaJNE lama telah diperbaharui menggunakan zona KURIRQ.

6. Integrasi Kurir

Pengiriman pada PrestaShop ditentukan berdasarkan zona, dan zona hanya dapat dikaitkan dengan state/propinsi. Karena modul KURIRQ hanya menggunakan 1 zona dan pemilihan kota menggunakan format detail sampai kota/kecamatan akan membuat Anda kesulitan jika membuat kurir sendiri.

Oleh karenanya, agar kurir yang dibuat sendiri sendiri dapat menggunakan format alamat yang sama dengan yang dipakai KURIRQ, maka kurir tersebut dapat diintegrasikan kedalam modul KURIRQ.

Jika Anda menggunakan modul pengiriman lokal dari pihak lain, bisa jadi tidak kompatibel karena menggunakan zona yang berbeda dengan format alamat yang digunakan KURIRQ.

Untuk mengintegrasikan kurir Anda dengan KURIRQ, akses menu "Carrier Integration" dari menu "Shipping".

Hanya untuk pengguna modul.

7. Minimum Range

Minimum Range adalah fitur bawaan KURIRQ yang dapat membantu pengelola toko untuk membuat pengaturan pengiriman berdasarkan total belanja atau ongkos kirim atau membuat pengiriman ke kota tertentu menggunakan kurir tertentu menjadi gratis.

Fitur minimum range dapat diakses dari menu Shipping - KURIRQ Minimum Range.

Menu minimum range

Untuk menambahkan rule baru, klik pada tombol Add. Pada form isian yang muncul isi rule seperti gambar dibawah ini.

Menu minimum range

Hasil rule diatas (dibaca : Kurir JNE REG tujuan Kota Bandung dengan total belanja minimum Rp. 100.000 menjadi gratis)

Menu minimum range

8. Konfirmasi Pembayaran

Untuk panduan modul konfirmasi pembayaran, silahkan baca disini.

9. Cek Resi

Selain perhitungan ongkos kirim, modul KURIRQ menyediakan juga pengecekan resi untuk masing-masing kurir yang digunakan. Instalasi modul cek resi sama dengan instalasi modul standar Prestashop. Cara kerja modul ini dimulai saat pengelola toko mengisi no tracking di halaman order customer (lihat gambar dibawah)

Input no tracking

Saat no tracking tersebut disimpan, PrestaShop akan mengirimkan email kepada pelanggan berisi link untuk tracking seperti berikut:

Saat pelanggan mengunjungi URL pada email diatas, halaman cek resi akan muncul seperti pada gambar dibawah ini:

10. Pickup in Store

Pickupinstore adalah modul tambahan yang memberikan pilihan "ambil di toko" bagi pelanggan toko online Anda.

Daftar toko diambil dari daftar toko yang dapat Anda akses dari menu "Preferences" - "Store Contacts"

Di halaman store contact, Anda dapat menambahkan cabang toko Anda.

Setelah pelanggan memilih toko pada saat checkout, keterangan Kurir akan berisi "Pickup in Store"

Jika Anda melihat order pelanggan yang bersangkutan dari menu "Orders" - "Orders", lokasi toko yang dipilih pelanggan akan ditampilkan disana.

Pada saat selesai checkout, informasi alamat toko yang dituju pelanggan akan diemail ke pelanggan dengan tembusan ke pengelola web.

11. Supercheckout

Supercheckout adalah modul pihak ketiga yang menawarkan proses checkout yang lebih ringkas dan dengan lebih banyak fitur. Jika Anda menggunakan modul supercheckout dan perlu mengintegrasikan pemilihan kota 3 level yang dimiliki KURIRQ, silahkan ikuti petunjuk dibawah:

Hanya untuk pengguna modul.

Jika modifikasi diatas telah diterapkan, maka kombinasi KURIRQ dan Supercheckout dapat Anda lihat seperti dalam demo berikut: Demo KURIRQ dan Supercheckout

12. Delivery Status

DeliveryStatus adalah modul yang secara otomatis akan merubah status order menjadi DELIVERED jika order yang telah dikirimkan tersebut telah diterima oleh pelanggan.

Untuk mengetahui status pengiriman terakhir, modul akan melacak no resi ke kurir yang bersangkutan, dan jika paket telah berhasil diterima pelanggan maka status order akan diupdate dan admin akan diberi notifikasi melalui email jika barang telah diterima pelanggan.

12.1. Cara kerja

Berikut adalah alur umum (status order) di PrestaShop saat ada order masuk:

Awaiting Payment (menunggu pembayaran) -> Payment Accepted (Pembayaran diterima) -> Processing in progress (Barang sedang diproses) -> Shipped (Proses pengiriman) -> Delivered (Paket telah diterima)

Status order lebih lengkap dapat Anda lihat di menu Orders - Statuses di halaman backoffice. Dan pada saat isi no resi atau status berikut diset : "Payment accepted", "Processing in progress", "Shipped", PrestaShop akan mengirimkan email notifikasi ke pelanggan. Sehingga pelanggan mengetahui progress barang yang mereka pesan.

Untuk merubah status order diatas, penjual dapat mengubahnya di backoffice di menu Orders - Orders. Sebagai contoh, saat order masuk, status order otomatis menjadi "Awaiting payment". Setelah pembayaran diterima, penjual mengubah statusnya menjadi "Payment Accepted". Penjual kemudian mengubah status order menjadi "Processing in Progress". Saat barang telah dikirim melalui kurir pilihan, penjual kemudian memasukan no resi dan status order diubah menjadi "Shipped".

Catat bahwa langkah terakhir adalah memasukan no resi dan mengubah status order menjadi "Shipped", karena untuk mengubah status order menjadi "Delivered" tidak akan dilakukan secara manual tetapi melalui modul ini.

12.2. Instalasi

Download dan install modul delivery status

12.3. Konfigurasi

Dihalaman konfigurasi Anda akan mendapatkan URL. Salin URL tersebut dan tambahkan kedalam cron/task scheduler pilihan Anda, seperti cron di cpanel, cron task manager (modul bawaan PrestaShop) atau melalui easycron.com. Dan tentukan waktu eksekusinya tergantung kebutuhan Anda, dapat setiap hari jam 7 pagi, satu hari 2 kali eksekusi pagi dan sore, dst.

Ketika url tersebut dieksekusi, modul akan mencari status order yang masih SHIPPED, melacak no resi dan jika paket telah diterima pelanggan maka mengubah statusnya menjadi DELIVERED kemudian mengirimkan email notifikasi ke admin.